Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Wednesday 13 December 2017

Kota Yerusalem merupakan sebuah kota tua di kawasan Timur Tengah yang sarat akan nuansa sejarah, religi, dan tentunya keunikan destinasi wisatanya. Keindahan arsitektur bangunan serta taman-taman yang dibangun di sana memang tak perlu diragukan. Terlepas dari segala konflik dan permasalahan yang selama berabad-abad berpusar di sana, ada banyak fakta mengapa kita patut tahu dan kalau bisa, berkunjung ke sana.


Pertama, Yerusalem merupakan kota suci tiga agama. Bagi umat Islam, Masjidil Aqsha merupakan masjid suci yang menjadi kiblat pertama. Bagi umat Kristen, di sana terdapat Gereja Makam Kudus yang merupakan tempat ziarah suci. Begitu pula umat Yahudi, mereka mensakralkan Tembok Ratapan yang konon merupakan sisa dinding bait suci yang dibangun Raja Herodes. Fakta sejarah yang demikian, tentu membuat kita maklum, sebenarnya Yerusalem merupakan kota yang harmonis untuk semua agama.

Kedua, Yerusalem ternyata memiliki kurang lebih 1578 taman. Salah satunya yang terkenal adalah Jerusalem Botanical Garden. Tak tanggung-tanggung, taman ini menyimpan lebih dari sepuluh ribu spesies tanaman dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, terdapat pula Garden Tomb yang diyakini umat Kristiani menjadi saksi saat Yesus disalibkan dan dikuburkan.




Fakta ketiga adalah museum yang ada di Yerusalem. Setidaknya ada 60 museum ada di kota ini. Diantaranya adalah Islamic Museum yang didirikan tahun 1923, L. A. Mayer Museum for Islamic Art yang menyimpan artefak dan peninggalan kebudayaan Islam di masa lalu, dan Yad Vashem yang dibangun untuk mengenang para korban tragedi holocaust bangsa Yahudi.



Selanjutnya, keempat adalah banyaknya situs arkeologi yang terdapat di Yerusalem. Contohnya adalah makam dalam batu karang milik Yahudi yang konon bertarikh dari abad 9 SM. Bahkan, ada yang dari periode Kanaan bertarikh 3100-2900 SM. Situs lainnya adalah Nekropolis Silwan, City of David, Khirbet Qeiyafa, koin-koin emas, dan beragam prasasti dari masa kekaisaran Romawi di Yerusalem. 



Nah, luar biasa bukan ? Sebagai kota tua, Yerusalem memang menyimpan kekayaan tak bernilai. Sudah sewajarnya, mengingat kota ini juga merupakan salah satu saksi sejarah dari peradaban-peradaban yang silih berganti di muka bumi.

0 comments:

Post a Comment