Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Wednesday 13 December 2017


CorelDraw sebagai aplikasi grafis berbasis vector menyediakan fasilitas bagi penggunanya dalam pengolahan desain teks. Salah satunya adalah pemberian outline atau garis tepi pada teks. Mau tahu caranya ? Berikut kami berikan contohnya. Untuk pengembangan, silakan lakukan sesuai dengan kreativitas kawan-kawan.

1. Silakan buat dokumen baru di CorelDraw. Untuk kasus ini, kami menggunakan CorelDraw X5.


2. Atur kertasnya menjadi A4. Pilihan ini adalah opsional, terserah pengguna.


3. Selanjutnya, pada Toolbox silakan klik “Text tool” atau tekan F8.



4. Klik pada area kerja dan ketikkan huruf yang dikehendaki. Atur besar huruf sesuai dengan selera, yang penting terlihat besar dan jelas.



5. Silakan warnai teks yang telah anda tulis. Di sini, kami memberinya warna kuning.



6. Nah, selanjutnya adalah memberi garis tepi. Seleksi huruf yang hendak diberi garis tepi. Cari bagian icon sebagaimana gambar di bawah, biasanya terletak di sisi kanan bawah dari jendela CorelDraw. Lalu klik icon tersebut (di bagian kotaknya).


7. Akan muncul window baru bernama “Outline Pen”. Atur isian yang ada pada window tersebut, terutama pada bagian “Color” dan “Width”. “Color” untuk warna outline yang kita inginkan dan “Width” untuk tebal outline-nya. Jika sudah, klik “OK”.





8. Hasilnya adalah sebagai gambar berikut.
Jika merasa kurang sesuai, kawan bisa mengatur ulang isian di window “Outline Pen” sebelumnya. Mudah kan ? Selamat berkreasi.
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment