Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Thursday 21 December 2017

Bentuk manipulasi data dalam database di antaranya adalah perbaikan data dan penghapusan data. Dua prosedur ini termasuk dasar selain prosedur insert dan select. Di sini, untuk melakukannya kita menggunakan tool berbasis GUI desktop bernama MySQL Workbench.

Kita bisa memulainya dengan menjalankan MySQL Workbench lalu arahkan ke database target, buka tabel yang hendak dikenai prosedur update-delete dan tampilkan datanya. Untuk menampilkan datanya bisa menggunakan perintah SELECT atau cukup dengan memanfaatkan fasilitas interface yang ada di MySQL Workbench



Untuk melakukan update via interface, kawan bisa langsung double klik bagian cell mana yang mau diperbaiki dan klik tombol “Apply” di bagian bawah. Selanjutnya, akan muncul window baru. Klik lagi “Apply” dan muncul window lagi, baru kemudian klik “Finish”.


Adapun untuk delete, silakan klik kiri pada header cell paling kanan lalu klik kanan. Dari situ akan muncul pilihan, siakan pilih “Delete Row(s)”. Jangan lupa klik ”Apply” lalu jika muncul window “Apply” lagi, dan terakhir klik “Finish” seperti biasanya.








Bagaimana bila ingin menggunakan script SQL ? Nah, bagi yang lebih nyaman dengan script SQL atau ingin belajar script SQL bisa menjalankan perintah dengan aturan berikut :
Untuk UPDATE :
UPDATE namatabel SET kolomtarget=nilaibaru WHERE kolomref=nilaikolomref

Untuk DELETE :
DELETE from namatabel WHERE kolomref=nilaikolomref
Contoh perintah script SQL-nya :
UPDATE pelajaran SET kodemapel='FI', guru_idguru=6 WHERE idmapel=5;
(Maksudnya : update tabel pelajaran dengan kodemapel=’FI’ dan kolom guru_idguru = 6 yang mana record memiliki idmapel=5)

DELETE from pelajaran WHERE idmapel=5;
(Maksudnya : hapus baris dari tabel pelajaran yang mana idmapel-nya adalah 5)



Sebenarnya menggunakan script lebih cepat karena tanpa perlu klik-klik banyak. Cukup ketikkan scriptnya, lalu blok per perintah hingga tanda ; dan tekan Ctrl+SHIFT+ENTER. Sekedar catatan, memblok script hingga tanda ; diperlukan bila perintah yang dituliskan lebih dari satu dan kita menghendaki hanya satu perintah tertentu saja yang dijalankan. Jika tanpa memblok, semua perintah akan yang tertulis akan di jalankan semuanya.



Categories: ,

0 comments:

Post a Comment