Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Thursday 21 December 2017

Perintah query SELECT dalam MySQL merupakan salah satu perintah dasar untuk menampilkan data dari suatu tabel. Perintah ini memiliki beragam kombinasi, tergantung dari kebutuhan. Berikut kami berikan contoh dalam penggunaannya. Untuk sample database yang digunakan, kita menggunakan database penilaian siswa dengan tabel target siswa.



Misalkan, bila kita ingin menampilkan semua data dari tabel siswa maka perintah query-nya : SELECT * from siswa;
Atau bila ingin menampilkan data siswa yang tempat lahirnya Ponorogo, kita ketikkan : SELECT * from siswa WHERE pobsw='ponorogo';

Oh ya, di mana kita mengetikkan perintah tersebut ? Kita mengetikkannya di query area pada MySQL Workbench. Biasanya pada bagian tab-nya ada caption “Query1” atau “Query2”. Angka pada caption tersebut bisa berubah-ubah tergantung berapa tab query yang pernah dibuka.

Kembali ke pembahasan SELECT, intinya perintah ini digunakan untuk mengambil data dari tabel. Sedangkan jika kita menghendaki ada kondisi tertentu dari data yang hendak kita tampilkan maka kita menambahkan kondisi yakni WHERE. Contoh lainnya :
>> Menampilkan data siswa yang beralamat di Kediri : SELECT * from siswa WHERE addsw='kediri';
>> Menampilkan nama siswa yang beralamat di Kediri : SELECT nmsw from siswa WHERE addsw='kediri';
>> Menampilkan nama wali siswa dari siswa bernama “Nurul Yaqin” : SELECT walisw FROM siswa WHERE nmsw='nurul yaqin';

Nah, sekarang kita lanjutkan dengan LIKE. Sesuai arti dasarnya, LIKE berarti “seperti”, perintah SELECT yang diberi clause LIKE akan mencari data yang mirip dengan parameter yang ada pada LIKE. Berikut contoh perintah beserta maksudnya :

SELECT * from siswa WHERE nmsw like '%na%';
(Pilih semua data dari tabel siswa yang mana nama siswa seperti ada kata na. Adapun %na% maksudnya : sembarang karakter sebelum dan sesudah na)

SELECT nisnsw, nmsw from siswa WHERE nmsw like 'ha%';
(Pilih data nisn siswa dan nama siswa dari tabel siswa yang mana nama siswa seperti ada kata ha dengan sembarang karakter setelahnya. Adapun ha% maksudnya : kata ha dengan sembarang karakter setelahnya)

SELECT * from siswa WHERE nmsw like '_na%';
(Pilih semua data dari tabel siswa yang mana nama siswa seperti ada kata -sembarang 1 karakter sebelum na dan sembarang karakter setelahnya. _na% maksudnya : satu karakter sembarang sebelum na dan sembarang karakter setelah na. Satu underscore ( _ ) tersebut menunjukkan satu karakter sembarang)

SELECT nmsw, pobsw, dobsw from siswa WHERE nmsw like '__ti%';
(Pilih data nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir dari tabel siswa yang mana nama siswa seperti mengandung kata -sembarang 2 karakter-ti-sembarang karakter. __ti% maksudnya : dua karakter sembarang sebelum ti dan sembarang karakter setelah ti. Dua underscore mewakili dua karakter semabarang)


Masih banyak bentuk query lain yang melibatkan WHERE dan LIKE. Latihan rutin bisa mengasah kemampuan kawan dalam melakukan query dasar sebagaimana di atas. Umumnya, query yang demikian sangat berperan dalam fasilitas searching (pencarian) dalam sebuah aplikasi, baik aplikasi berbasis web atau aplikasi berbasis desktop. Apa yang kami sampaikan di sini masih sangat kecil dan terbatas. Selamat mencoba.
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment