Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Sunday 10 December 2017


Dalam mendesain, kita tentu membutuhkan beragam bentuk obyek desain. Misalnya, kotak panjang, kotak, jajaran genjang, elips, lingkaran, atau bentuk lainnya. Kombinasi bentuk dan pewarnaan yang pas akan memberi hasil desain yang memuaskan pula tentunya.

Nah, CorelDraw sebagai software spesialis gambar vector menyediakan beragam bentuk yang bisa dimanfaatkan oleh designer. Pada toolbox, kita bisa melihat beberapa pilihan icon tool untuk membuat obyek bentuk sebagaimana tertera gambar di bawah.
Pilihan bentuk / shape yang ada pada toolbox merupakan default atau bawaan dari program.Lalu, bagaimanakah bila kita menghendaki bentuk lain yang tidak ada pada toolbox ? Misalnya, bentuk yang acak.
Untuk hal tersebut, CorelDraw memberikan fasilitas tersendiri agar para penggunanya dapat berkreasi secara maksimal. Salah satunya yakni melalui fasilitas shaping yang bisa diakses melalui menu Arrange -> Shaping -> … Silakan pilih salah satu


Cara mudah mencobanya, silakan buat dua obyek bertumpuk lalu seleksi semuanya dan terapkan Shaping yang dikehendaki. Agar mudah mendeteksi manakah obyek yang di atas dan mana obyek yang di bawah, obyek yang anda buat bertumpuk bisa diwarnai dengan masing-masing warna yang berbeda.





Dengan cara yang sama, kita bisa mencoba efek Shaping lainnya yakni : Trim, Intersect, Simplify, Front minus Back, dan Back minus Front.  
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment