Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Thursday 15 January 2015

Di tengah-tengah kesibukan di sekolah, menyempatkan diri menulis. Ehm, sesuai judulnya, kali ini kita belajar bagaimana membuat tabel ERD di MySQL Workbench. Sistem yang kita gunakan adalah OS Windows 7 dan MySQL Workbench 6.2. Bagi pemain Data Base pemula, menggunakan tool desain seperti MySQL Workbench dapat membantu pemahaman bagaimana sebuah struktur table dalam ERD dibuat. Tentu, agar lebih mudah, mestinya kita membuat desain kasar ERD terlebih dahulu di atas kertas.

Silakan aktifkan MySQL Workbench kita, buat model baru dengan menekan Ctrl+N dan pilih Diagram yang hendak kita buat. Setelah kita membuka halaman Diagram MySQL Workbench, arahkan kursor ke icon tool dan klik icon berikut : 


Otomatis kursor kita akan berubah, kemudian klik di halaman satu kali. Table kita akan muncul di mana kita melakukan klik tadi. Bila sudah muncul gambar : 


double klik bagan tersebut. Selanjutnya, akan muncul bagian detail dari tabel. Di bagian inilah kita mengisikan nama tabel dan kolom-kolomnya. 


Pada “Table Name” silakan isi dengan nama tabel yang hendak kita buat. Untuk memberikan nama kolom, double klik pada baris samar di bawah “Column Name”. Jika sudah memberikan nama kolom, klik Enter, maka kursor isian otomatis akan berpindah ke “Datatype”. Di bagian “Datatype” ini, pilih tipe data dari kolom yang kita gunakan. Jika sudah, klik Enter lagi maka kursor akan berpindah ke isian kolom yang ke dua. Di sini, masukkan nama kolom kita yang kedua. Cara selanjutnya, mirip dengan ,mekanisme dari kolom yang pertama. Lakukan seterusnya hingga kolom dari tabel kita selesai.






Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment