Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Wednesday 13 December 2017

Efek transparan sangat penting proses desain. Dengan efek ini, suatu yang ada di belakang akan terlihat. Selain itu, seringkali efek transparan bisa menambah kesan mewah dari sebuah desain. Dalam CorelDraw menyediakan fasilitas transparansi di toolbox-nya. Fasilitas transparansi ini ada dalam satu kelompok dengan fasilitas Blend, Contour, Distort, Drop Shadow, Envelop, dan Extrude. Transparency ada di pilihan yang terakhir.

Untuk mempraktikkan efek transparan, baiknya buatlah bangun bertumpuk dengan masing-masing warna berbeda. Misalnya sebagaimana gambar berikut :

Bila gambar bangun sudah siap, silakan klik “Transparency” di Toolbox. Sekali lagi, “Transparency” satu kelompok dengan “Blend”. Bila belum terlihat, silakan klik kiri tanda di pojokan kanan bawah dari icon “Blend”. Dari situ akan tampil beberapa pilihan, termasuk “Transparency”.


          
Bila icon  “Transparency” sudah aktif, efek transparan pun siap dipasangkan. Di sini, kita akan membuat transparan bangun berwarna merah. Caranya, klik kiri dari mana kita hendak memulai transparansi, lalu tahan klik kiri tersebut dan tarik ke arah transparansi diterapkan. Seberapa panjang kawan menariknya, silakan disesuaikan.

Sebagaimana terlihat pada gambar, kotak putih adalah titik awal transparan sedangkan kotak hitam adalah titik akhir. Kedua titik bisa dipindah-pindah untuk menyesuaikan tingkat transparansi yang diinginkan.

Apa yang dicontohkan di atas adalah contoh transparansi linear. Bagaimana untuk transparansi keseluruhan ? Tenang, CorelDraw sudah menyediakan opsinya. Untuk transparansi keseluruhan, kawan bisa memilih opsi “Uniform”.


Lebih jauh, untuk mencoba opsi yang lain silakan diutak-utik sesuai dengan kreasi masing-masing. Bagaimanapun, kreatifitas kawan-kawan akan menentukan hasilnya. @_@
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment