Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Saturday 18 October 2014


Gunung Sanqing atau Sanqingshan dikenal sebagi tempat suci di dataran China. Gunung ini merupakan tempat meditasi bagi para Taois dan dipercaya dapat membimbing mereka mencapai keabadian. Aura sakral di sana memang sangat terasa. Apalagi jika melihat kondisi geografisnya. Setidaknya selama 200 hari dalam setahun, Sanqingshan selalu diselimuti kabut. Kabut ini memberikan kesan "dunia lain" di gunung Sanqing.  Ditambah lagi dengan ribuan aliran mata air, batu-batu granit yang menyerupai siluet manusia dan hewan, serta pohon-pohon pinus yang berbentuk aneh, semuanya makin menambah kekentalan mistis di Sanqingshan. 


Kondisi alam Sanqingshan yang unik memikat ketertarikan burung-burung eksostis dan hewan langka yang kemudian menjadikan Sanqingshan sebagai habitat mereka. Selain itu Sanqingshan juga menjadi rumah bagi ribuan spesies tanaman. Tak kurang 2500 spesies tumbuhan hidup di sana. Banyak tanaman yang digunakan dalam ramuan pengobatan Cina dapat ditemukan di gunung ini.



Sanqingshan menjadi tempat suci Taoisme sejak era Romawi dan Hun di Barat. Tak aneh, bila di sana banyak dijumpai patung kuno dan relik dari dinasti-dinasti masa lampau. Para penjelajah yang penasaran pun bisa menemukan kembali patung-patung guardian atau patung harimau yang tertimbun di antara lebatnya tumbuhan. Tentu saja, patung-patung ini tidak dilengkapi dengan tanda atau kartu penjelasan. Semua dijaga agar tetap alami dan murni apa adanya.

Sanqingshan sebenarnya jauh dari istilah tidak dikenal. Statusnya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO menempatkan gunung mistik ini sejajar dengan Grand Canyon atau Great Barrier Reef. Keberadaannya bisa melejitkan Cina menjadi salah satu tujuan wisata. 


2 comments: