Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Thursday 16 October 2014

Putih-putih di tengah hutan, hantu pocong ? Oh, bukan kawan. putih yang satu ini punya daun dan juga akar. Yup, ia adalah sebuah pohon. Redwood albino namanya. Sebuatan albino biasanya disematkan pada manusia dan hewan yang kekurangan zat warna kulit atau pigmen. Nah, albino pada pohon ini dikarenakan kurangnya zat hijau daun atau klorofil.


Kurangnya klorofil ini mengakibatkan dapun Redwood albino menjadi putih. Tak heran bila pohon ini kemudian mendapat julukan si hantu hutan. Lalu, bagaimana ia mendapatkan makanan ? karena tak memiliki klorofil, tentu saja Redwood albino tak dapat melakukan fotosintesis sendiri. Ia hidup dengan cara menempelkan akarnya pada Redwood lain yang normal (tidak albino). Begitulah, akhirnya si hantu hutan dapat bertahan hidup.
 

Hingga kini, ihwal mengapa Redwood albino kekurangan klorofil masih menjadi misteri. Para peneliti pun masih berusaha menemukan penyebabnya. Karenanya, keberadaan hantu hutan ini juga dipertahankan secara serius. Para peneliti mencegah penebangan pohon Albino agar mereka tetap lestari.


Sejak ditemukan di hutan-hutan California pada 1870-an, jumlah Redwood albino sangatlah sedikit. Saat ini diperkirakan hanya ada 50 pohon dan itu pun hanya bisa dijumpai di hutan California, Amerika Serikat. Begitu sedikitnya, pohon ini sangat sulit ditemukan. Selain itu, keberadaan pohon ini memang sengaja dirahasiakan. Para ilmuwan khawatir, bila banyak orang yang tahu lokasi pohon Albino, mereka akan tertarik untuk mengganggu atau merusaknya.


Categories:

1 comment: