Selamat Tahun Baru 2018 Masehi. Dengan bertambahnya tahun, semoga kita menjadi insan yang lebih baik.

Thursday 16 October 2014



Warna kakinya begitu mencolok, biru muda terang. Apalagi dengan kombinasi warna tubuhnya yang abu-abu putih (mendekati coklat) dan warna sayap hitam. Kaki biru itu seakan sebuah sepatu. Burung Booby, salah satu jenis burung yang atraktif dan dapat dijumpai di kepulauan Galapagos, Pasifik. Ada juga yang hidup di beberapa daerah tropis dan subtropis.

Kaki burung Booby berselaput, menandakan ia adalah burung perenang. Dan memang benar, Booby merupakan spesies burung laut yang mampu berenang dan menyelam ke laut. Mereka mampu menyelam di bawah air dalam waktu yang cukup lama. Untuk apa mereka menyelam ? Tentu saja untuk berburu ikan dan menangkapnya dengan paruh mereka yang panjang meruncing.

Deskripsi umum secara fisik, burung Booby berukuran panjang 81 cm dan berat 1,5 kg. Biasanya, burung betina memiliki ukuran yang lebih besar dari pada burung jantan. Bila terbang, sayap Booby begitu panjang.

Lalu, bagaimana kaki Booby bisa berwarna biru ? Warna biru pada kaki burung Booby berasal dari pigmen karotenoid. Pigmen ini diperoleh dari kebiasaan burung ini yang suka makan ikan segar. Karotenoid milik Booby tidak sekedar untuk mempercantik warna kaki namun ia juga berfungsi sebagai antioksidan dan stimulan. Artinya, warna biru pada kaki burung Booby bisa menjadi indikator tingkat kesehatan burung bersangkutan. 

Secara ilmiah, burung Booby masuk dalam family Sulidae dan genus Sula. Nama lain burung ini adalah Angsa Batu. Jenisnya pun bermacam-macam. Sebut saja, ada angsa batu kaki merah, angsa batu bertopeng, angsa batu muka biru, angsa batu kaki biru (ini yang kita bahas), dan angsa batu Peru.


Categories:

1 comment: